Halaman

Sabtu, 23 April 2011

PNS vs Wirausaha

Salah satu fenomena yang nampak di negara Indonesia sekarang adalah banyaknya orang yang berbondong-bondong ingin menjadi pegawai negeri sipil alias PNS. Setiap dibuka lowongan calon pegawai negeri sipil, jumlah pendaftaran pun membludak. Dan sebagian besar dari pendaftar itu adalah lulusan dari perguruan tinggi. Betul-betul uji keberuntungan karena kursi yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah lulusan perguruan tinggi yang keluar dari setiap universitas. Yah setiap mendaftar, harus siap lahir batin untuk kemungkinan tidak diterima.
Nah kalaupun tidak diterima jadi PNS, marilah jangan bersedih. “Banyak jalan menuju Roma” itu mungkin pepatah kuno, tapi masih eksis sampai sekarang. Masih banyak hal yang bisa kita lakukan. Salah satunya menjadi enterpreuner atau pengusaha. Di tanah air kita ini banyak orang sukses karena awalnya jadi pengusaha. Tak luput juga bahwa awalnya mereka PNS tapi pindah haluan jadi pengusaha. Karena mungkin banyaknya ketidakcocokan dalam hati mereka. Memang gaji ada setiap bulan, bahkan sering ada gaji tambahan, istilahnya sekarang “gaji 13”. Tapi bagi mereka yang tidak suka sesuatu yang monoton, maka kemungkinan sering timbul rasa bosan, karena setiap hari mereka melakukan hal yang
sama, mereka tidak bisa berkreasi dan sering bekerja dibawah tekanan.
Salah satu bentuk kemuliaan dari enterpreuner ini menurut saya yaitu, kita bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain juga. Jadi kita bisa membuka jalan sukses juga bagi orang lain. Disamping itu kita bisa berkreasi dengan sendiri tanpa ada tekanan dari atas. Oleh karena itu marilah lebih membuka pikiran kita, janganlah hanya bermimpi untuk jadi PNS saja. Kesuksesan bisa kita raih selama kita masih mau berusaha dan berdoa. Namun satu hal yang harus dipegang untuk menjadi seorang wirausaha bahwa awalnya mungkin kita akan sangat menderita dulu karena menjadi seorang wirausaha melalui beberapa tahap untuk bisa menjadi sukses atau menjadi pengusaha besar, beda dengan PNS saat terdaftar menjadi PNS, bulan pertama kerja langsung bisa menikmati hasilnya. Namun jangan takut dengan hal itu, jadikanlah itu sebagai tantangan hidup.

0 komentar:

Posting Komentar